[PRD] Tugas 1 : Cybersecurity Problem in the Future

بسم الله الرحمن الرحيم

Pada era sekarang, internet telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Internet menawarkan keleluasaan dan kemudahan dalam mengakses informasi yang dibutuhkan, bahkan di dunia maya saat ini telah banyak bermunculan media sosial yang beragam sehingga antara satu orang dan yang lain di internet dapat terhubung.

Kebutuhan akan jaringan internet tidak terbatas hanya pada penggunaan personal atau pribadi saja. Saat ini internet mulai digunakan juga dalam pelayanan masyarakat dalam bentuk digital yang terintegrasi satu sama lain. Termasuk pengendalian jaringan tenaga listrik juga dapat dilakukan jarak jauh dengan jaringan internet.

Karena peran vital internet tersebut, banyak pihak mencoba mengambil keuntungan dengan cara yang tidak lazim, misalnya mengambil data-data pribadi seseorang, menggunakan akun milik orang lain, bahkan mencuri saldo bank seseorang. Semua bisa dilakukan melalui intenet. Selain melanggar hak privasi seseorang, kegiatan meretas ini juga merugikan kepentingan umum jika dilakukan pada skala besar. Misalnya pencurian uang dalam jumlah besar pada suatu bank. Jumlah yang besar ini bisa menghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat dan merugikan orang banyak. Atau misalnya peretasan pada jaringan transmisi tenaga yang bisa menyebabkan kelumpuhan jaringan listrik yang berdampak luas pada suatu negara.

Ada beberapa cara untuk menganggulangi masalah keamanan ini. Dengan memasang firewall dan router sepanjang jalur koneksi. Cara ini disebut perimeter defense, yaitu dengan menahan penyusup agar tidak masuk dalam jaringan dengan menggunakan autentikasi maupun lewat port-port tertentu. Tapi cara ini tidak lagi efektif. Selalu ada cara untuk menembus pertahanan seperti ini. Bisa dengan membajak akun lain untuk bisa masuk, menyusup lewat port lain yang tidak teridentifikasi, atau memanfaatkan bug yang ada pada filter.

Prinsip kerja firewall secara umum ada tiga yang dapat dikombinasi satu sama lain, yaitu packet filtering, proxy service, dan stateful inspection. Packet filtering berarti menyaring paket data yang masuk dan keluar dengan filter yang dibuat sebelumnya. Cara ini tentu saja mudah sekali dikelabuhi karena bisa saja dari paket yang masuk itu ada yang tidak pernah terdeteksi  filter sebelumnya. Selanjutnya proxy service dibuat dengan memasang lapisan bertingkat pada session antara user dan network. Dengan proxy bisa dikontrol aktivitas apa saja yang dilakukan dalam jaringan. Dan terakhir, stateful inspection bisa dibilang cara paling modern yang tidak hanya melakukan pengecekan paket masuk dan keluar saja, tapi juga IP, port, session, dan hal-hal detil lain lalu mencocokkannya dengan database.

Karena itu dibutuhkan identifikasi yang menyatu dengan pengguna secara langsung. Cara seperti pemindaian biometrik, pengenalan suara, atau yang lain yang menghubungkan identitas pengguna secara langsung bisa dilakukan demi memudahkan kontrol atas autentikasi jaringan. Selain itu dengan ini, pelacakan juga bisa dilakukan dengan mudah karena kemungkinan penyalahgunaan identitas dapat diperkecil.

Untuk masalah bug, sebenarnya akan selalu ada pada mesin karena keterbatasan mesin komputer untuk mengolah informasi. Celah ini bisa diatasi dengan mengawasi dan mengontrol arus informasi pada jaringan dengan router dan protokol-protokol sehingga mesin dapat mengolah informasi tanpa harus kelebihan beban. Selain itu perbaikan pada rancangan software juga harus terus ditingkatkan agar kinerja bisa lebih efektif dan tidak banyak celah bug yang dapat dibuat.

Mungkin sekian paparan saya tentang keamanan jaringan dan usulan solusinya. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan paparan ini.

Terima kasih.

Afrizal Fikri

STEI 2013

16513260

Referensi:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s