[PRD] Tugas 2 : Understanding Cyberworld 2020

بسم الله الرحمن الرحيم

Banyak yang meramalkan bahwa 10 atau 20 tahun lagi, teknologi akan hampir menjangkau setiap lini kehidupan dalam arti sebenarnya. Kita akan bisa menemui seseorang yang bermil-mil jauhnya tepat dihadapan kita. Kita juga bisa melakukan hal lain yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Informasi bisa dengan mudah didapat dan dibagikan.

Lalu apakah itu semua mungkin? Atau hanya sci-fi belaka? Secara teknologi, hal itu semua dimungkinkan. Mulai dari keterlibatan komputer dalam setiap aktivitas manusia, sampai robot yang dapat berinteraksi dengan manusia. Meski begitu saya pribadi masih tidak yakin bahwa robot mampu memiliki perasaan dan empati seperti layaknya manusia. Hanya saja realisasi itu masih membutuhkan proses penyesuaian dengan kebutuhan manusia pada umumnya.

Teknologi selalu menciptakan perkembangan dalam tiap aspek kehidupan. Perkembangan ini selalu diharapkan membawa dampak positif dan tanpa efek negatif. Sesuai dengan harapan itu, pastilah teknologi memiliki manfaat yang besar sesuai dengan tujuan diciptakannya inovasi tersebut. Perkembangan teknologi selalu membuka kesempatan dan kekuatan baru.

Karena kesempatan dan kekuatan baru itu, teknologi menjadi semacam pedang bermata dua. Bisa digunakan pada jalan yang benar, bisa juga disalah-gunakan. Selain itu banyak dampak negatif secara teknis dan non-teknis yang dihasilkan dari setiap inovasi. Itu semua tidak terlepas dari keterbatasan manusia dalam mencari dan menyelesaikan masalah tersebut.

Misal masalah teknis yang ditimbulkan dari universalisasi robot adalah, kemampuan robot dalam mengenali suatu masalah masih sangatlah terbatas pada kondisi-kondisi yang ditentukan. Kemampuan AI yang digadang-gadang dapat membuat robot secerdas manusia pun masih jauh dari yang diharapkan. Jika robot dijadikan “tokoh utama” dalam pengambilan keputusan, hasilnya akan kurang maksimal dibandingkan oleh manusia. Selain itu juga masalah non-teknis seperti robot tidak memiliki empati dan perasaan sehingga bisa jadi keputusan yang diambil tidak memperhatikan aspek sosial.

Selain itu teknologi yang sedemikian jauh, bisa melanggar beberapa etika yang selama ini dipegang teguh. Banyaknya surveillance oleh CCTV di jalan-jalan raya, monitoring jaringan yang telah terintegrasi, atau bahkan masalah rekayasa gen yang katanya dapat menentukan seperti apa anak yang lahir sesuai keinginan orang tuanya. Ingat bahwa sebagian bisa sedikit dilepas untuk kemajuan dan keamanan bersama. Tapi ada hal-hal yang masih tidak boleh dilanggar seperti hak Tuhan untuk “mencipta”, dan juga privasi pribadi. Semakin terbukanya jaringan makin membuat privasi orang diambil alih untuk keuntungan pribadi atau sekelompok golongan tertentu. Jadi pembatasan penggunaan teknologi, khususnya internet dapat dibatasi dan juga diharap tiap orang diberi pengetahuan akan bahaya privasi di dunia maya.

Jadi secara umum, teknologi memang dibuat untuk menyejahterakan manusia dan memang akan begitu. Namun keterbatasan manusia dan mesin itu sendiri menjadikan teknologi tidak selamanya membawa perubahan positif bagi kehidupan. Lalu manusia sebagai pembawa perkembangan itulah yang seharusnya mengontrol dan menyempurankan kerja mesin yang hanya sebagai pembantu manusia. Kreativitas, nilai, dan empati adalah hal-hal yang hanya dimiliki kita sebagai manusia dan bukan mesin. Pergunakan teknologi sebagaimana mestinya dan jangan terlalu bergantung teknologi seakan teknologi itu sepenuhnya aman.

Cukup sekian, apabila ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Terima kasih. Dibawah ini ada secuplik video tentang SixthSense yang akan banyak dipergunakan untuk menghubungkan dunia nyata dan dunia maya secara utuh.

Afrizal Fikri

STEI 2013

16513260

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s